November 10, 2011

Perencanaan Wirausaha dan Perekrutan Tenaga Kerja Sumber Daya Manusia

Perencanaan adalah cara untuk penetapan tujuan serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan.

* Rencana operasional kegiatan yang ditetapkan untuk waktu jangka pendek : operasional → harian
* Rencana strategi yang ditetapkan untuk waktu jangka panjang : strategi → pengembangan usaha.

Perencanaan bisnis adalah dokumen tertulis yang menerangkan tentang bisnis yang akan dijalankan, dan bagaimana rencana pemasaran, produksi, SDM, keuangan serta analisis resiko dan hasil.

Faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis :
1. Tujuan usaha.
2. Komitmen dalam menjalankan usaha.
3. Batasan waktu.

Manfaat dari perencanaan bisnis :
1. Dapat mendekati asumsi kebenaran.
2. Membandingkan hasil dengan rencana.
3. Alat komunikasi untuk meyakinkan pihak lain.
4. Wirausaha dapat berfikir kritis dan objektif.

Informasi yang dibutuhkan dalam membuat perencanaan bisnis :

1. Informasi keuangan.
    Modal usaha.

2. Informasi pasar.
    Melihat besarnya permintaan, bagaimana saluran distribusi, konsumen potensial.

3. Informasi produksi.
    Bahan baku, teknologi dan SDM.

Tahapan perencanaan usaha :
1. Ide atau gagasan
2. Konsep (perencanaan bisnis)
3. Pengembangan produk
4. Uji pemasaran
5. Komersialisasi (penjualan).


Sumber-sumber dari SDM :

1. Sumber yang berada di dalam organisasi.
2. Sumber yang berada di luar organisasi.
    a. Lembaga pendidikan.
    b. Iklan.
    c. Badan penyedia tenaga kerja.
    d. Pesaing.

Langkah-langkah penyediaan SDM :

                 Perekrutan.
Proses penarikan pelamar pekerjaan yang memenuhi kualifikasi. Tujuan penyelenggaraan perekrutan adalah untuk mendapatkan sejumlah pelamar yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Jumlah pelamar yang tepat harus sesuai dengan lowongan pekerjaan atau jabatan yang belum terisi.
Seleksi Karyawan
Proses seleksi dilakukan untuk memilih pelamar yang memiliki kualifikasi sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Orientasi Karyawan
Orientasi karyawan adalah proses pengenalan karyawan baru dengan perusahaan.

                  Penempatan.

                  Pelatihan dan pengembangan.

                  Penilaian prestasi kerja.

                  Kompensasi.



Referensi :

No comments:

Post a Comment