December 10, 2009

IP/TV (Internet Protocol Television)

IP/TV suatu software dalam komunikasi client-server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi (setara real time full motion video)dan televisi ke pengguna internet melalui suatu jaringan data atau secara dua arah.

Keunggulan yang dimiliki IP/TV antara lain dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program seperti pendidikan, komersial,dsb.
Bila dibandingkan dengan sistem konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).

IP/TV dapat digunakan sebagai media untuk melakukan pelatihan/pendidikan jarak jauh. IP/TV akan membawa semua informasi dalam suatu seminar atau konferensi atau kegiatan perkuliahan langsung ke komputer audience dengan siaran langsung satelit, kabel atau via internet. Pendidikan jarak jauh ini dapat juga digunakan oleh divisi-divisi perusahaan untuk saling mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh bagian/karyawan yang masih memerlukan pelatihan/bimbingan di lapangan. Bila dilihat dari kepentingan pendidikan, universitas dapat memberikan kuliah jarak jauh kepada para mahasiswanya dari manapun ia berasal, dan kapan pun ia membutuhkan informasi itu. Feature IP/TV Question Manager dapat digunakan viewer untuk bertanya secara langsung (online) kepada instruktur/pengajar sehingga suasananya dapat berlangsung interaktif seperti di kelas.

1 comment: