December 10, 2009

Open Source

Apa yang orang awam kebanyakan tahu tentang Open Source? Bisa jadi kata tersebut identik dengan Linux dan murah. Ya, memang Open Source saat ini yang paling popular adalah Linux. Beragam pusat pelatihan dan kursus komputer tak lagi melulu didominasi “mata pelajaran” Windows saja, sistem operasi komputer bermaskot penguin tersebut juga mulai marak.

Bisa jadi ini diawali dari razia peranti lunak ilegal yang marak dilakukan sejak ditetapkannya UU Hak Cipta No 19/2002. Bisa jadi juga karena tawaran kata “murah”, sebab pengguna tak dikenai bea lisensi selayaknya sistem operasi bermaskot jendela empat kotak yang sudah popular sebelumnya.

Arti umum Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas. Open Source mengambil pola dari model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik.

No comments:

Post a Comment