October 8, 2012

Pertanyaan Sidang Kompre Paket 2 (Grafkom, IMK, SisMul) Teknik Informatika Gunadarma

Disini gw mau share pertanyaan-pertanyaan pas gw disidang kompre paket 2 (Grafkom,IMK,SisMul), semoga bisa jadi referensi dan gambaran bagi kawan-kawan semua yg akan sidang dengan paket yg sama. Oke silahkan di baca ya..


SISMUL, IBU BERTALYA (BAIK). HASIL : LUMAYAN
Gw : Permisi, ibu Berta.
Ibu : Ya, silahkan duduk.
Ibu : Oke septiawan, apa yg kamu ketahui ttg sismul?
Gw : ( gw jawb dgn lancar tuh pengertian sismul).
Ibu : Terus poin2 penting dlm sismul itu apa?.
Gw : ( gw sempet blank, trus gw ngarang aja jawaban pke logika sambil ngulang gw ulang terus pengertian2 sismul).
Ibu : Udah itu aja? Masih ada lagi lho, itu tuh poin yg paling penting.
Gw : ( BLANK!! bengong sbentar dan gw ulang lg jawaban sblumnya bla..bla...bla...)
Dan pas gw lg bengong mikir apaan jawabannya si Ibu akhirnya bantu gw ngejawab.
Ibu : Poin paling penting itu Interaksi.
Gw : ohh, iya bu...
Ibu : Elemen multimedia apa aja?
Gw : gw jawab teks,gambar,suara,video,animasi,grafik.
Ibu : Mana yg termasuk media diskrit dan continu?
Gw : Media diskrit itu teks,gambar yg diam dan media continu itu suara,video.
Ibu : Perbedaan media diskrit dan continu apa?
Gw : gw jwb aja media diskrit itu berbasis pd ruang dan media continu berbasis pd waktu.
Ibu : Objek pd gambar itu real atau tidak, trus media apa yg ada objek real(nyata)-nya?
Gw : (mikir sebentar, trus gw jwab) objek pd gambar itu real bu, trus media yg ada objek realnya itu video. (jawaban ngasal).
Setelah itu si Ibu jelasin lg pertanyaan yg tadi... bla...bla...bla.... gw cuma iya-iya doang!! ngeBLANK !!
Ibu : Trus, elemen multimedia apa yg sengaja dibuat ?
Gw : animasi bu, karena animasi dibuat dari gambar2 diam yg ditampilkan berurutan.
Dan inilah pertanyaan terakhir buat gw, lalu si Ibu nyuruh gw keluar.

GRAFKOM, IBU LILY (BAIK DAN MEMBANTU). HASIL : KACAU BALAU
Ibu : oke septiawan, di dalam grafkom ada yg namanya kliping, apakah itu?
Gw : perpotongan objek bu.
Ibu : ambil spidol dan buat jendela kliping di papan tulis.
Disinilah letak kacaunya gw LUPA!! cara buat jendela kliping.
Ibu : (dengan nada tinggi) kamu belajar kliping gak sih sep...ti...a...wan...????
Waduhh... gw bingung mau ngapaian lg gw cuma berdiri aja di dpan papan tulis, dlm hati udh pasrah bnget nih kalo bakal gagal nih matkul. Tapi pas gw lg bingung, akhirnya si Ibu nuntun dan bantu gw buat selesain itu kerjaan, dan akhirnya selesai juga tuh, dalem hati gw Alhamdullillah banget gw dibantu , doa gw dikabulkan Yang Maha Kuasa.
Ibu : hmmmmm... gimana sih kamu, mosokk cuma ngerjain gitu aja udah habis waktu berapa menit nih?
Gw : ( cuma bisa senyum-senyum aja)
Ibu : okehh, sekarang dlm grafkom ada yg namanya transformasi dan rotasi apa itu??
Gw : transformasi itu adalah perubahan bentuk dari suatu objek bu, seperti pergeseran dan pembesaran/pengecilan objek. Rotasi itu perputaran objek ke koordinat yg ditentukan bu...
Ibu : kamu tau operator? Skrg kamu sebutkan operator apa yg ada didalam translasi dan dilatasi?
Gw : operator didalam translasi itu operator plus (+) bu, dan pd dilatasi itu operatornya kali (x) bu...
Ibu : okehh...yaudah... sanaahh keluarr....
Gw : iya bu.. terima kasih...
Dan itulah sidang gafkom gw yg kacau balau. Dan pas gw selesai sidang grafkom blum ada tiga langkah dari meja dosen penguji gw dipanggil sama bu Dewi yg ada disamping bu Lily : “Septi....tunggu jgn keluar dulu, tunggu disini dulu setelah ini kamu yg saya uji.” bu Dewi emang masih nguji peserta lain pas manggil gw, bu Dewi ini pernah jd dosen gw (dosen Rekayasa Komputasional) dan dia yg akan nyidang gw matkul IMK.

IMK, IBU DEWI (BAIK). HASIL : MEMUASKAN
Sebelum gw sidang sama bu Dewi, gw udah was-was aja soalnya gw tau karakter bu Dewi itu galak dan agak keras. Tapi pas lg sidang justru santai-santai aja tuh ibunya hehehe...
Ibu : iya, septiawan, udah siap?
Gw : siap bu..
Ibu : oke, apa yg kamu ketahui mengenai IMK?
Gw : (gw jawab lancar pengertian IMK sama pengertian Ergonomi jg gw tambahin)
Ibu : coba sebutkan tipe-tipe interaksi itu apa aja?
Gw : tipe-tipe interaksi yg saya tau itu CLI,Menu,Natural language,Question answer and query dialogue,Formfills and spreadsheet,WIMP.
Pas gw jelasin itu, si Ibu cuma ngangguk-ngangguk dan iya-iya.
Ibu : metaphor itu apa? contohnya?
Gw : metaphor itu mengembangkan konsep baru dari konsep yg tlah ada sebelumnya, contohnya keyboard yg dikembangkan dari konsep yg tlah ada yaitu mesin tik.
Ibu : kamu tau cloud computing??
Gw : (Nah lho apaan tuh?? Setau gw itu kan materi jarkom?? Tapi untungnya gw masih inget, trus gw jawab :  komputasi jaringan komputer berbasis internet dan jaringan LAN,MAN,WAN (ngarang pisan)).
Ibu : (ngangguk-ngangguk) trus knapa menggunakan kata cloud?
Gw : karena menggunakan sinyal bu, untuk menghubungkan antar jaringan.
Ibu : oke, udah. Kamu udah selesai, silahkan istirahat dulu.
Gw : oh iya bu, trima kasih.

Dan sidang matkul IMK ini menjadi yg paling cepet gw selesain karna tiap pertanyaan gw jawab dgn cepet.

No comments:

Post a Comment