February 23, 2015

Contoh Marketing Mix 4P (Website Perusahaan)

Sebelumnya saya jelaskan dahulu apa itu Marketing mix. Marketing mix merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran modern, Konsep marketing mix yang pertama kali dikenalkan oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variabel yang biasa dikenal dengan 4P yaitu product, price, promotion, dan place. Berkat Jerome McCarthy lah konsep 4P kemudian dikenal luas oleh masyarakat dan sering menjadi rujukan jika membahas tentang pemasaran.

Berikut ini adalah contoh marketing mix 4P pada website perusahaan Suzuki Automobile Indonesia :

Promotion
Pada website perusahaan Suzuki Automobile Indonesia, banyak kegiatan promosi yang dilakukan untuk pelayan konsumen maupun penjualan produk. Ini dapat dilihat pada menu navigasi News pada website perusahaan tersebut.

Tujuan dari perusahaan terhadap promosi diatas adalah untuk memenuhi komitmen kepada  pengguna kendaraan Suzuki mengenai layanan purna jualnya. Promosi yang dilakukan adalah jasa servis penggantian oli mesin kendaraan secara gratis dan untuk setiap unit pelanggan Suzuki disertai Pemeriksaan kendaraan secara gratis pula. Pelanggan yang datang hanya perlu membayar penggantian part berupa Filter Oli sesuai jenis kendaraan milik pelanggan Suzuki dan diberikan pula diskon sebesar 25% untuk penggantian part tersebut.



Product
Produk pada website perusahaan ini adalah kendaraan roda 4 yang terdiri dari beragam tipe. Pada website perusahaan Suzuki Automobile Indonesia menawarkan tipe-tipe kendaraan roda 4 antara lain Small Car, Mini MPV, Hatch Back, Crossover, SUV, dan MPV.

Pada tampilan produk di website terdapat beberapa informasi mengenai produk itu sendiri yang berupa Link, seperti Product Features, Colors Line Up, TVC, Brochure, dan Specification. Informasi ini akan berguna bagi para calon pembeli untuk mengetahui informasi-informasi penting mengenai produk yang akan dibeli.

Price

Harga dari seluruh produk yang dijual oleh perusahaan Suzuki Automobile Indonesia terdapat pada navigasi menu Price List. Di menu ini terdapat daftar harga kendaraan semua tipe dan terdapat juga beberapa informasi mengenai detail harga dan pajak kendaraan dan masa berlaku harga kendaraan.

Place
Place atau tempat distribusi sangat penting untuk pemasaran produk, di dalam website perusahaan Suzuki Automobile Indonesia ini terdapat detail informasi mengenai tempat pendistribusian produk yang akan dipasarkan.
Perusahaan Suzuki Automobile Indonesia memiliki banyak jaringan di seluruh wilayah Indonesia, hal ini akan berdampak positif bagi pendistribusian produk ke konsumen karena proses pendistribusian menjadi lebih cepat dan dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.





1 comment:

  1. I am very interested in the information contained in this post. Thank You.
    Jurnal Kesehatan
    Unimuda Sorong

    ReplyDelete